Liputan6.com, Mugello – Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez gagal mendulang poin di MotoGP Italia yang berlangsung di Sirkuit Mugello. Selain itu, dia juga sempat bersenggolan dengan rider Pramac Ducati, Danilo Petrucci.

Pada awal balapan MotoGP Italia, Petrucci sempat menempati peringkat ketiga. Namun, dia keluar lintasan karena aksi agresif Marquez ketika mengambil alih posisi ketiga di tikungan pertama.

"Pada awalnya, saya mencoba menekan untuk tetap bersama pengendara yang memiliki ban lembut. Kami (Marquez dan Petrucci) bertempur di tikungan 2," kata Marquez dikutip dari GP One.

"Saya menyadari bahwa Petrucci datang dari bagian dalam dan kami bersenggolan, itu membuat kami berdua kehilangan waktu. Pada saat itu, sulit untuk mempertahankan kendali motor," ujarnya melanjutkan.

Juara MotoGP musim lalu itu mengatakan, dirinya tak berniat membuat Petrucci keluar lintasan. "Saya manusia dan terkadang membuat kesalahan," ucap Marquez.

Petrucci Ingin Marquez Dihukum

Aksi pembalap Pramac Racing, Danilo Petrucci pada MotoGP Italia. (Twitter/Pramac Racing)

Sementara itu, Petrucci menginginkan Race Director menghukum Marc Marquez karena bersikap ceroboh ketika menjalani MotoGP Italia.

"Saya tidak tahu apakah itu melanggar karena saya bukanlah Race Director. Namun, menurut saya Race Director harus melakukan sesuatu. Itu dikarenakan Komisi Keselamatan telah mengatakan bakal menghukum pembalap yang merugikan pembalap lainnya," kata Petrucci.

"Saya sempat menempati posisi ketiga, tetapi karena peristiwa itu saya langsung berada di peringkat ke-10. Marquez membuat saya keluar lintasan. Saya sedikit beruntung karena area di luar lintasan masih terdapat aspal," ujar Petrucci.

Aksi kontroversial Marc Marquez membuat Danilo Petrucci mengakhiri balapan di peringkat ketujuh. Pembalap Italia itu menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 41 menit 54,128 detik.

Klasemen MotoGP

1. Marc Marquez : 95

2. Valentino Rossi: 72

3. Maverick Vinales: 67

4. Andrea Dovizioso: 66

5. Johann Zarco: 64

6. Danilo Petrucci: 63

7. Andrea Iannone: 60

8. Cal Crutchlow: 56

9. Jack Miller: 49

10. Jorge Lorenzo: 41

11. Alex Rins: 33

12. Dani Pedrosa: 29

13. Tito Rabat: 27

14. Pol Espargaro: 23

15. Alvaro Bautista: 19

16. Hafizh Syahrin: 17

17. Franco Morbidelli: 17

18. Aleix Espargaro: 13

19. Takaaki Nakagami: 10

20. Bradley Smith: 7

21. Mika Kallio: 6

22. Scott Redding: 5

23. Karel Abraham: 1

Original Article